Kamis, 22 Oktober 2009

Catatan Harian

KAMBING

“Apalagi yang mau dilakukan selain makan, tidur, buang air, berkumpul dengan keluarga, istri/ suami. Begitu dan begitu setiap hari dilakukan. Datar-datar sekali hidup manusia. Hampir-hampir tidak ada bedanya dengan kambing”, kata Mister Stagnan.

Seseorang yang ada di dekatnya lantas bertanya, “Mister, anda sudah makan?”

“Sudah”, jawabnya singkat.

“Kalau begitu Mister juga seperti kambing”, seraya beranjak meninggalkan Mister Stagnan yang tertegun dengan kalimat itu.

Hikmah

Hidup ini sejatinya untuk ibadah hanya kepada Allah swt. Segenap aktivitas hidup senantiasa bernilai ibadah. Karena memang dijadikan hidup dan mati tiada lain untuk menguji siapa yang terbaik amalnya. Ini artinya kualitas amalan manusia bertingkat-tingkat. Ada yang kualitas amalnya sekelas menyingkirkan gangguan di tengah jalan. Ada yang rela memberikan nasi bungkus jatahnya untuk orang yang lebih membutuhkan. Dan di sekitar kita ada juga orang yang kualitas amalnya teruji saat “didekati” perempuan cantik lagi berkedudukan tetapi ia tegas menyatakan “Aku takut kepada Allah swt”. Kualitas amal tentu seiring dengan pemahaman yang kokoh.

0 komentar: